Profil Kesehatan

Kabupaten Agam

Unit Layanan

Indikator

Kamis, 27 April 2017 / 30 Rajab 1438 H
Berita > Detil

Senin, 19/09/2016 - 07:58 WIB

TIM AKREDITASI FKTP NILAI PUSKESMAS LUBUK BASUNG DAN PUSKESMAS BIARO

Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan dipuskesmas,maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan yaitu melalui mekanisme akreditasi.  Untuk itu, Tim Surveiyor Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) akan melakukan penilaian hari ini Senin sd Kamis (18 sd 22/9) di Puskesmas Lubuk Basung dan Puskesmas Biaro sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Agam untuk mewujudkan seluruh Puskesmas di Kabupaten Agam Tahun 2019.

Tim Surveiyor Puskesmas Lubuk Basung diketuai oleh Liliosa Maria, T, SKM beranggotakan Herkulana S, SGz dan dr. Natalia Ririn Furadantin. Sedangkan Tim Surveiyor Puskesmas Biaro diketuai oleh Fajeri, SKM.MPH AAAK dengan anggota dr. Agustina Ponasti Dewi, M.Si dan dr. Arie Irwan. Kedua tim datang kemarin  dan  langsung temu ramah dengan Kepala Daerah, unsur Muspika dan Lintas Sektor terkait sekaligus penandatanganan komitmen antara Kepala Puskesmas dengan Ketua Tim Surveiyor untuk tidak meninggalkan puskesmas selama penilaian berlangsung.

Yang sangat menggembirakan, penandatanganan komitmen Puskesmas Lubuk Basung dilaksanakan di Aula Puskesmas Lubuk Basung disaksikan oleh Bupati Agam, Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah. Sedangkan untuk Puskesmas Biaro, dilaksanakan di Hotel Nikita yang disaksikan oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria.

Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya mengungkapkan keyakinannya bahwa Puskesmas Lubuk Basung begitu juga Puskesmas Biaro akan sanggup melewati proses penilaian ini karena jajaran kesehatan selama ini telah mampu memberikan mutu pelayanan terbaik kepada masyarakat. Banyak bukti yang dapat ditunjukkan, seperti perolehan Citra Pelayanan Prima Tingkat Nasional oleh Puskesmas Pakan Kamis dan Puskesmas Matur. Begitu juga perolehan Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional oleh Puskesmas Batu Kambing. Namun demikian beliau berpesan kepada Puskesmas Lubuk Basung  apapun yang didapat dari hasil penilaian ini, jadikan sebagai cambuk untuk terus memacu peningkatan mutu layanan kepada masyarakat.

Ketua Tim Surveiyor Liliosa Maria, T, SKM dalam sambutannya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Agam yang telah berjuang keras untuk terlaksananya penilaian ini. Disaat yang bersamaan  dua Puskesmas dinilai sekaligus, Bupati dan Wakil Bupatinya dapat hadir sungguh merupakan wujud pemberian dukungan yang luar biasa untuk kelangsungan pembangunan kesehatan di Kabupaten Agam.

Lebih lanjut Liliosa memaparkan bahwa penilaian  akan berlangsung selama empat hari yaitu dari tanggal 18 sd 22 September 2016. Selama kegiatan berlangsung mereka akan melakukan penilaian terhadap 3 unsur yaitu administrasi manajemen, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Sesuai komitmen, Kepala Puskesmas tidak boleh meninggalkan tempat. Liliosa juga menekankan bahwa tidak ada KKN dalam penilaian ini dan hasilnyapun akan menjadi dokumen rahasia yang akan dilaporkan ke Komisi Akreditasi FKTP Pusat.

Semoga Puskesmas Lubuk Basung dan Puskesmas Biaro dapat meraih hasil yang terbaik.

"GOOD LUCK"

Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: