Profil Kesehatan

Kabupaten Agam

Unit Layanan

Indikator

Senin, 25 September 2017 / 4 Muharram 1439 H
Berita > Detil

Senin, 03/04/2017 - 10:08 WIB

Bupati Agam meresmikan Puskesmas Pakan Kamis Kecamatan Tilatang Kamang

Puskesmas Pakan Kamis

Pemerintah Kabupaten Agam berkomitmen bahwa pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu skala prioritas yang harus dicapai. Secara bertahap kita telah memulai membangun puskesmas yang representatif seperti pada Tahun 2015 kita membangun Puskesmas Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua dan Tahun 2016 kita membangun Puskesmas Pakan Kamis Kecamatan Tilatang Kamang yang merupakan Puskesmas termegah di Kabupaten Agam saat ini atau mungkin di Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Agam H. Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah, dalam sambutannya saat meresmikan Puskesmas Pakan Kamih, Kecamatan Tilatang Kamang, Kamis (30/3).

Menciptakan bangunan puskesmas yang megah bukan hanya tanggungjawab pemerintah tetapi harus ada dukungan yang kuat dari seluruh elemen masyarakat. Untuk itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu membahu dengan pemerintah dalam melakukan pembangunan di Kabupaten Agam. Semua elemen masyarakat harus ikut mengambil bagian dalam pembangunan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dr. Indra, MPPM menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Agam bertekad untuk meningkatkan Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat  salah satunya melalui penyediaan Puskesmas yang representative sesuai dengan Permenkes No 75 Tahun 2014. Puskesmas di disain sedemikian rupa sehingga masyarakat yang berkunjung tidak hanya yang sakit tapi juga yang sehat, karena masyarakat yang sehat diharapkan memeriksakan kesehatannya secara berkala seperti tertuang dalam gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yaitu :

  1. Melakukan aktivitas Fisik
  2. Meningkatnya  Konsumsi Sayur dan buah (lokal)
  3. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Salah satu bentuk  tekad tersebut adalah dengan telah berdirinya Puskesmas Pakan Kamis ini yang direhab pada Tahun 2016 dengan menggunakan Dana DAK Bidang Kesehatan Sub Bidang Pelayanan Kesehatan Dasar Tahun Anggaran 2016. Rehab total puskesmas seperti ini telah kita mulai secara bertahap dari tahun 2015 yaitu Puskesmas Sungai Pua dan Tahun 2017 kita juga melakukan rehab total Puskesmas Matur, Puskesmas Biaro dan gedung Rawat Inap Puskesmas Baso. Untuk Tahun 2018 kita juga telah memasukkan proposal ke pusat untuk rencana rehab total Puskesmas Magek, Puskesmas Kapau, Puskesmas Lasi dan Puskesmas Palembayan.

Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu mewujudkan bangunan Puskesmas Pakan Kamis yang megah, mulai dari konsultan perencana, kontraktor pelaksana, konsultan pengawas, tim dari Dinkes Kab Agam, pemerintahan kecamatan, pemerintahan nagari dan seluruh masyarakat Kecamatan Tilatang Kamang yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: