SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KESEHATAN KABUPATEN AGAM       MEDIA INFORMASI DINAS KESEHATAN KABUPATEN AGAM    

 
Profil Kesehatan

Kabupaten Agam

Unit Layanan

Indikator

Selasa, 06 Desember 2022 / 12 Jumadil Awwal 1444 H
Berita > Detil

Senin, 30/05/2022 - 04:11 WIB

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain lezat, juga menyehatkan jantung

Kolesterol dalam jumlah tertentu diperlukan oleh tubuh. Namun, kadar kolesterol yang terlampau tinggi justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung

Melakukan tes kolesterol secara berkala penting untuk memantau kadar kolesterol dalam darah. Terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung zat penurun kolesterol. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

1. Kacang

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterolilustrasi kacang (pexels.com/Marta Branco)

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almon, kacang tanah, dan lainnya baik untuk kesehatan jantung. Dilansir Healthline, kacang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal.

 

Selain itu, kacang juga mengandung fitosterol, yaitu kandungan mirip kolesterol pada tumbuhan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan kalsium, magnesium, dan potasium pada kacang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Kacang kedelai dan produk olahannya

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterolilustrasi kedelai dan olahannya (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Harvard Health Publishing menyebutkan, mengonsumsi kacang kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya kacang kedelai saja, produk olahannya seperti tahu dan sari kedelai juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Terdapat beberapa bukti kacang kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol. Analisis pada 35 penelitian mengaitkan hubungan antara makanan berbahan kedelai dengan penurunan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol total, serta peningkatan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

3. Ikan berlemak

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterolilustrasi hidangan ikan tuna (pexels.com/Ioan Bilac)

Sebagai pengganti protein yang berasal dari daging, kamu juga bisa mencoba menambahkan ikan berlemak dalam menu makan sehari-hari. Contoh ikan berlemak adalah ikan kembung, salmon, tuna, makerel, dan lain-lain yang kaya akan asam lemak omega-3.


Omega-3 dikenal baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan kesehatan jantung. Namun, cara mengolah ikan juga perlu diperhatikan agar nutrisinya tetap terjaga. Cara paling sehat dalam memasak ikan adalah dengan cara mengukus atau merebus. Ikan yang digoreng dengan banyak minyak justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Buah-buahan

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterolilustrasi jeruk (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain dapat memperlancar buang air besar, buah-buahan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Terdapat beberapa jenis buah yang mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Salah satu jenis serat larut yaitu pektin. Buah-buahan yang mengandung pektin antara lain apel, anggur, stroberi, dan jeruk. Selain itu, buah juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

5. Buah alpukat

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterolilustrasi alpukat (pexels.com/Thought Catalog)

Mungkin beberapa orang menghindari alpukat karena buah ini kaya akan lemak. Namun, lemak yang terkandung dalam buah ini merupakan jenis lemak baik, sehingga justru bermanfaat bagi kesehatan.

Studi klinis mendukung efek penurunan kolesterol yang dimiliki alpukat. Disebutkan pula bahwa dalam satu studi, orang dewasa dengan berat badan berlebih yang mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari menunjukkan penurunan kadar LDL yang lebih besar daripada orang-orang yang tidak memakannya, mengutip Healthline.

6. Sayuran

6 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterolilustrasi wortel (pexels.com/mali maeder)

Sayuran tinggi akan serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan kalori yang rendah juga baik untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Beberapa jenis sayuran juga mengandung pektin, yaitu serat larut pada tumbuhan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Contoh sayuran yang mengandung pektin antara lain okra, kentang, terung, dan wortel.

Melakukan pengecekan kolesterol penting untuk memantau kadar kolesterol. Melakukan pola hidup sehat diharapkan dapat menurunkan kadar kolesterol. Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol, antara lain kacang, kacang kedelai, dan ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Beberapa jenis buah dan sayuran yang mengandung pektin juga dapat membantu menurunkan kolesterol seperti apel, jeruk, wortel, dan lainnya.

Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: