Profil Kesehatan

Kabupaten Agam

Unit Layanan

Indikator

Selasa, 28 Februari 2017 / 1 Jumadil Akhir 1438 H
Bidang Pemkes

Konten Bidang Pemkes

Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), dipimpin oleh seorang Kabid: Dr. Hendri Rusdian M.Kes. Bidang P2PL mempunyai tugas, yaitu: melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyakit, surveilans epidemiologi, imunisasi dan matra serta kesehatan lingkungan. Kasi yang ada dibidang PMK antara lain :

Kasi P2P dr.Ovri Aprianza dengan dibantu oleh beberapa orang staf Rifdawati Ibrahim, Wanefri. Kasi Surveilans Betlinizar, SKM dengan  2 orang stafnya Lismar mirawati, Hary Hardian Putra,Amd.Kep dan kasi penyehatan lingkungan Halim Wajidi,SKM,M.Kes dengan beberapa stafnya Linda Syofyan, AMS, Risma Afri Yetri, Lastri Hermayetti dan Pajri, SKM.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang PMK mempunyai fungsi, yaitu:

  1. Menyiapkan rencana strategis kegiatan pengendalian penyakit serta penyehatan lingkungan berdasarkan kesepakatan global, nasional dan kebijakan daerah;

  2. Melaksanakan penyelenggaraan kegiatan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan sesuai dengan standar pelayanan minimal;

  3. Melaksanakan pengawasan, pembinaan, monitoring dan evaluasi kegiatan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan yang sesuai dengan indikator pelayanan.

  4. Mengkoordinir seksi yang berada dibidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan;

  5. Menyelenggarakan operasional penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana, wabah berskala kabupaten;

  6. Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.