Profil Kesehatan

Kabupaten Agam

Unit Layanan

Indikator

Senin, 22 Oktober 2018 / 11 Safar 1440 H
Berita

Dinkes Agam Laksanakan Sosialsisasi Buku Rapor Kesehatanku

Kamis, 22/02/2018 14:17 WIB

Sosialisasi Buku Rapor Kesehatnku

Dinas Kesehatan melaksanakan Sosialisasi Buku Rapor Kesehatanku hari Kamis 22 Februari 2018 bertempat di HOtel Sakura Syariah. Peserta sosialisasi terdiri dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Agam, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, TP PKK Kabupaten Agam, Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah SLTP dan Kepala Sekolah SLTA. Pembukaan oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan MAsyarakat Indra ramli, SKM, M. Kes berharap menumbuhkembangkan dan membudayakan  perilaku hidup bersih dan sehat serta menghindari perilaku beresiko.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menyampaikan tentang penggunaan dan pemanfaatan buku bagi peserta didik, guru dan orang tua. Melalui pertemuan ini diharapkan peserta bisa memahami pentingnya pemanfaatan bagi peserta didik, guru dan orang tua dalam memantau status kesehatan peserta didik dan  dengan hadirnya lintas sektor terkait diharapkan bisa meberikan dukungan kebijakan dalam pelaksanaan dan pemakaian buku Rapor Kesehatanku bagi peserta didik di sekolah. 


Lomba Kader Berprestasi Tingkat Kabupaten Agam Tahun 2018

Selasa, 20/02/2018 17:00 WIB

Lomba Kader Posyandu Se Kabupaten Agam Taun 2018

Selasa 20 Februari 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Agam laksanakan Lomba Kader Posyandu Se- Kabupaten Agam bertempat di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Agam. Tahapan kegiatan lomba terdiri dari ujian tulis, penyuluhan, dan uji keterampilan. Lomba kader di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Indra Ramli, SKM, M. Kes. Dalam sambutannya Bapak Kepala Bidang Kesmas menyampaikan bahwa melalui lomba kader posyandu ini akan diperoleh kader terbaik dan mampu melaksanakan kegiatan pelayanan di posyandu yang berkualitas serta memiliki inovasi. Bagi peserta yang masuk nominasi lima besar selanjutnya akan menampilkan talentanya masing-masing. Panitia menyediakan merchandise dan memberikan doorprise bagi peserta lomba. Di akhir kegiatan lomba diumumkan nominasi lima besar yaitu kader dari wilayah kerja Puskesmas Maninjau, Pasar Ahad, Batu Kambing, Pakan Kamih dan Malalak.  Kegiatan lomba kader ini juga dikunjungi oleh Ibu Ketua dan wakil TP PKK Kabupaten Agam ibu Vita Indra Catri dan Ibu Chandra Trinda Farhan Satria sekaligus menutup acara lomba kader posyandu se Kabupaten Agam.


RAPAT KOORDINASI UKS/M TINGKAT KABUPATEN AGAM, SENIN 5 FEBRUARI 2018

Senin, 05/02/2018 15:19 WIB

Rakor UKS/M Tingkat Kab. Agam Tahun 2018

Hari ini senin 5 Februari 2018 diselenggarakan Rapat Koordinasi UKS M Tingkat Kabupaten Agam di Aula Utama Kantor Bupati Agam. Peserta rapat koordinasi berasal dari 16 Kecamatan terdiri dari Kepala KUA Kecamatan, Kepala Puskesmas, perwakilan eks UPT Pendidikan dan Kasi Kesejahteraan Sosial pada Kantor Camat, dan OPD terkait. Rakor UKS/M Tahun 2018 ini membahas tentang evaluasi pelaksanaan tahu 2017 dan sinkronisasi pelaksanaan TP UKS/M tahun 2018. Dalam sambutannya Bapak Bupati Agam yang diwakili oleh Bapak Sekda Drs. Martias Wanto, MM menyampaikan beberapa pesan penting, salah satunya adalah agar disetiap kecamatan memiliki gedung atau tempat untuk Sekretariat UKS/M termasuk di kabupaten sendiri. Hal ini merupakan spirit bagi TP UKS/M Kabupaten dan kecamatan agar bisa mendukung kesuksesan penilaian Lomba Sekolah Sehat tingkat Propinsi Sumatera Barat bahkan sampai ke tingkat nasional. Beberapa sekolah yang akan maju untuk Lomba Sekolah Sehat Tahun 2018 tingkat Propinsi Sumatera Barat yaitu dari Kecamatan Lubuk Basung (TK dan SLTP), Tanjung Mutiara (SD) dan Ampek Angkek (SLTA). Dengan diselenggarakan Rakor UKS/M ini mari kita tingkatkan peran lintas sector untuk menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah, tema Rakor UKS/M Tahun 2018.


Penialian Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten Agam Tahun 2018

Selasa, 06/02/2018 18:15 WIB

Ujian Tulis dalam rangka Penilaian Nakes Teladan Tahun 2018

Diawal tahun 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Agam melaksanakan penilaian tenaga kesehatan teladan Tingkat Kabupaten Agam. Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu 6-7 Februari 2018 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Agam. Pelaksanaan di bagi menjadi dua tahap yaitu ujian tulis dan dilanjutkan dengan ekspose. Peserta penilaian berasal dari 23 puskesmas yang terdiri dari tenaga medis, paramedis, kesehatan masyarakat, farmasi dan tenaga gizi. Penilaian tenaga kesehatan merupakan ajang untuk menunjukkan inovasi yang telah dilaksanakan selain kegiatan rutin di setiap puskesmas. Tim penilai adalah Sekretaris, Kepala Bidang dan Kasi di lingkungan Dinas Kesehatan menyatakan bahwa bagi nominasi yang terpilih akan dilanjutkan ke penilaian di tingkat Propinsi Sumatera Barat. Melalui moment penilaian ini diharapkan akan muncul teladan – teladan baru sebagai penggerak pembangunan kesehatan di Kabupaten Agam.


Peresmian Gedung Kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Agam, Rabu 31 Desember 2018.

Rabu, 31/01/2018 13:08 WIB

Sambutan BUpati Agam pada Peresmian Pemakaian Kantor Dilingkungan Pemda Agam

Peresmian Gedung Kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Agam, Rabu 31 Desember 2018.

Hari ini Rabu 31 Januari 2018 Bupati Agam meresmikan beberapa gedung kantor yang baru selesai dibangun tahun 2017.  Gedung yang diresmikan adalah Kantor Dinas Kesehatan, Dinas Petanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan, Dinas Pendidikan Gedung Rawat inap RSUD Lubuk Basung, Puskesmas Biaro, Matur, Baso, Kantor Camat Tanjung Raya, Lubuk Basung dan Palupuah. Peresmian dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan dihadiri oleh seluruh Forkopimda Kabupaten Agam, OPD terkait, tokoh masyarakat, kelompok tani, dan masyarakat umum.  Dalam sambutannya Bapak Bupati Agam menyampaikan bahwa tahun 2018 adalah tahun peduli, dan sekaligus pemasangan Pin Peduli secara simbolis kepada ASN Pemda Agam. Dengan dibangunnya kantor baru akan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.