Profil Kesehatan

Kabupaten Agam

Unit Layanan

Indikator

Kamis, 24 Juli 2014 / 26 Ramadhan 1435 H
Profil > Unit Kerja dan Pejabat
Unit Kerja dan Pejabat
A. UNIT KERJA DINAS KESEHATAN
        1. SEKRETARIAT
             

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, yaitu : Dra. Hurul Aini, Apt, M.Kes

Sekretariat  mempunyai tugas melakukan pengelolaan aset, urusan rumah tangga, perlengkapan, surat menyurat, kepegawaian, kearsipan, keuangan, penyusunan perencanaan dan pelaporan.

Dalam melaksanakan tugas, sekretariat mempunyai fungsi, yaitu:

               a. Pengelolaan urusan rumah tangga, perlengkapan, surat menyurat, kearsipan dan kepegawaian;   
                b. membantu Kepala Dinas mengkoordinasikan kebijakan Dinas Kesehatan bersama bidang-bidang lain;
                c. Pengelolaan sumber daya ketenagaan dan sarana prasarana kantor;
                d. Pengelolaan administrasi keuangan dan aset;
                e. Penyusunan program, anggaran dan pelaporan dinas;
                f.

Pelaksanaan tugas-tugas  lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

             

 

SEKRETARIAT, terdiri dari :

              a. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
                    Subbag Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan program administrasi umum dan kepegawaian dalam arti melaksanakan surat menyurat, kersipan ekspedisi, penggandaan, administrasi perjalanan dinas, kerumahtanggaan, peralatan dan perlengkapan kantor, melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, hukum, organisasi dan tatalaksana, kehumasan dan penilaian angka kredit jabatan tenaga kesehatan
              b. Sub Bagian Keuangan
                    Subbag Keuangan mempunyai tugas dan fungsi menyelenggarakan pelayanan keuangan, menyelenggarakan pembukuan, laporan keuangan dan memilihara dokumen keuangan serta membuat laporan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
              c. Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan
                   

Subbag Perencanaan dan Pelaporan mempunyai tugas dan fungsi menyelenggarakan program administrasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan dalam arti menghimpun, menginventarisasi data dari satuan organisasi dalam lingkup Dinas Kesehatan, mendokumentasikan kegiatan, penyajian data, informasi serta evaluasi dan pelaporan.

Uraian tugas Subbag Perencanaan dan Pelaporan, yaitu: 1). Melaksanakan penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) dan program kesehatan; 2). Menyusun rencana kerja dan program kerja tahunan urusan perencanaan dan pelaporan; 3). penyusunan alokasi rencana penggunaan anggaran dan UPT Dinas Kesehatan; 4). Penyusunan laporan pertanggung jawaban program dan anggaran serta penyajian atas kegiatan: 5). Pengumpulan dan analisa peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pelaporan; 6). Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan.


        2. BIDANG PELAYANAN KESEHATAN ( YANKES )
             

Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) , dipimpin oleh seorang KABID : Januar, SKM, MM

Bidang Yankes mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pengawasan dan evaluasi kerja seksi kesehatan dasar, rujukan dan khusus; seksi kesehatan ibu dan anak; dan seksi gizi.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Pelayanan Kesehatan mampunyai fungsi-fungsi yaitu:

              a. Pengumpulan data/informasi pengembangan sarana dan peralatan kesehatan di Puskesmas, Pustu, Puskel, Poskesri dan Polindes;
              b. Pengumpulan data/informasi untuk pembinaan, pengawasan terhadap pelaksanaan manajemen puskesmas dan sarana pelayanan kesehatan lainnya;
              c. Pengumpulan bahan untuk pembinaan terhadap pengawasan obat dan makanan (POM);
              d. Pengumpulan data/informasi untuk pembinaan, pengawasan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan swasta (Praktek Dokter, Dokter berkelompok, Klinik Umum/Spesialis, Klinik Dokter Keluarga, Dokter Gigi Keluarga, Kedokteran Komplimenter, Bidan, Perawat, Balai pengobatan, RS Swasta, Rumah bersalin, Apotik, Toko Obat, Pengobatan Tradisional, Optik dan Laboratorium swasta), RS Pemerintah serta penunjang pelayanan kesehatan lainnya;
              e. Pengumpulan data/informasi untuk pembinaan, penawasan dalam pemberian izin terhadap praktek dokter, Dokter berkelompok, Klinik umum/spesialis, Klinik dokter keluarga, dokter gigi keluarga, Kedokteran komplementer, Bidan, Perawat, RS Pemerintah, Balai Pengobatan, RS Swasta, Rumah Bersalin, Apotik, Toko Obat, pengobatan Tradiosional, Optik dan Laboratorium Swasta serta penunjang pelayanan kesehatan lainnya;
              f. Pengumpulan data/informasi dalam perencanaan pengadaan obat dan perbekalan kesehatan strategis;
              g.

Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

              BIDANG YANKES, terdiri dari:
              a. Seksi Kesehatan Dasar, Rujukan dan Khusus
                    Seksi Kesehatan Dasar, Rujukan dan Khusus mempunyai tugas  pokok dan fungsi yaitu menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan kgusus dalam arti melakukan peningkatan dan pengembangan pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan khusus, yaitu: 1). Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program dan manejemen puskesmas (P1, P2, P3); 2). Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program kesehatan khusus (Mata, Jiwa, Narkoba, Indera, Kesehatan Perkotaan, Kesehatan Olahraga, Batra dan Kesehatan Kerja); 3). Menyelenggarakan bimbingan dan pengendalian operasionalisasi bidang kesehatan.
              b. Seksi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
                    Seksi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) empunyai tugas pokok dan fungsi  yaitu menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar bagi ibu dan anak serta rujukan sekunder dalam arti melakukan peningkatan kesehatan yang meliputi kesehatan ibu, anak dan usia pra sekolah serta Lansia.
              c. Seksi Gizi
                    Seksi Gizi mempunyai  tugas dan fungsi yaitu menyelenggarakan program dan kegiatan gizi dalam arti menyelenggarakan surveilans gizi, penanggulangan gizi buruk dan upaya perbaikan gizi keluarga dan masyarakat.

 

        3. BIDANG PENGENDALIAN MASALAH KESEHATAN (PMK)
             

Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), dipimpin oleh seorang KABID : Dr. H. Bakhrizal, M.Kes

Bidang P2PL mempunyai tugas yaitu: melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyakit, surveilans epidemiologi, imunisasi dan matra serta kesehatan lingkungan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang PMK mempunyai fungsi yaitu:

              a. Menyiapkan rencana strategis kegiatran pengendalian penyakit serta penyehatan lingkungan berdasarkan kesepakatan global, nasional dan kebijakan daerah;
              b. Melaksanakan penyelenggaraan kegiatan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan yang sesuai dengan standar pelayanan minimal;
              c. Melaksanakan pengawasan, pembinaan, monitoring dan evaluasi kegiatan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan yang sesuai dengan indikator pelayanan;
              d. Menggkoordinir seksi yang berada dibidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan;
              e. Meneyelenggarakan operasional penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana, wabah berskala kabupaten;
              f. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

              BIDANG PMK,  terdiri dari:
              a. Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2M)
                    Seksi P2M mempunyai tugas dan fungsi yaitu menyelenggarakan program pencegahan dan pengendalian penyakit dalam melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan tidak menular;
              b. Seksi Surveilance, Imunisasi dan Bencana 
                    Seksi Surveilance epidemiologi mempunyai tugas dan fungsi yaitu menyelenggarakan program surveilance epidemiologi, imunisasi dan Matra dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan tidak menular;
              c. Seksi Kesehatan Lingkungan (Kesling)
                    Seksi Kesling mempunyai tugas pokok dan fungsi yaitu menyelenggarakan program penyehatan lingkungan dalam melakukan pengawasan, bimbingan tekhnis, peningkatan kesehatan lingkungan, sarana air minum dan jamban keluarga, kesehatan tempat-tempat umum, dampak lingkungan pemukiman dan pestisida dan pencegahan pencemaran lingkungan.

 

        4. BIDANG  JAMINAN DAN SARANA KESEHATAN (JAMSARKES)
             

BIDANG JAMINAN DAN SARANA KESEHATAN (JAMSARKES), dipimpin oleh seorang KABID : Yulhendri, SKM, M.Kes

BIDANG JAMSARKES , mempunyai tugasnya yaitu melaksanakan dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, kegiatan pengembangan jaminan pemeliharaan kesehatan, sarana, peralatan dan perbekalan kesehatan serta kefarmasian dan pengawasan obat dan makanan.

Dalam menjalankan tugasnya, maka BIDANG JAMSARKES mempunyai fungsi yaitu:

              a. Menyiapkan bahan dan dokumen perundang-undangan yang berlaku berkaitan dengan persiapan pelaksanaan total coverage dalam program jaminan sosial untuk pelayanan kesehatan;  
              b. Melakukan upaya sosialisasi dan advokasi kepada pengambil kebijakan didaerah dalam rangka melaksanakan jaminan kesehatan;
              c. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan analisis data serta diseminasi informasi tentang jaminan pelayanan kesehatan kepada seluruh stakeholder;
              d. Menyusun perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan dan rehabilitasi sarana pelayanan kesehatan;
              e. Mengkoordinasikan pelayanan perizinan kepada stakeholder pelayanan kesehatan baik milik swasta maupun pemerintah;
              f.

Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pelayanan kefarmasian serta pengawasan obat dan makanan (POM).

             

 

BIDANG JAMSARKES, terdiri dari:

              a. Seksi Jaminan Kesehatan
                    Seksi Jamkes mempunyai tugas pokok dan fungsi yaitu melaksanakan dan mengkoordinir perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan yang berhubungan dengan asuransi kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat;
              b. Seksi Sarana dan Peralatan Kesehatan
                    Seksi Sarana dan Peralatan Kesehatan mempunyai tugas dan fungsi yaitu ,emyelenggarakan pendataan, merencanakan dan melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan sarana pelayanan kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta, meliputi puskesmas, puskesmas pembantu, pos kesehatan nagari dan polindes.
              c. Seksi Kefarmasian, dan Pengendalian Obat dan Makanan (POM)
                    Seksi Kefarmasian dan pengawasan Obat dan Makanan (POM) mempunyai tugas dan fungsi yaitu menyelenggarakan program pengadaan obat dan perbekalan kesehatan dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan dasar, serta melaksanakan pengawasan dan pengendalian standar mutu obat dan makanan.

 

        5. BIDANG INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN ( INPROMKES )
             

BIDANG INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN ( INPROMKES), dipimpin oleh seorang KABID : Indra Ramli, SKM, M.Kes

BIDANG INPROMKES mempunyai tugas yaitu melaksanakan dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM), data dan informasi kesehatan serta promosi/penyuluhan kesehatan.

Dalam menjalankan tugasnya, maka BIDANG INPROMKES mempunyai fungsi, yaitu:

              a. Merumuskan kebijakan tekhnis dibidang pengembangan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, data dan informasi kesehatan serta promosi kesehatan;
              b. Melaksanakan pembinaan dan koordinasi dalam pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat, data dan informasi kesehatan serta promosi kesehatan;
              c. Memperkuat gerakan masyarakat yang mempunyai arti mendukung terhadap kegiatan masyarakat agar lebih berdaya dalam upaya mengendalikan faktor-faktor yang mempeengaruhi kesehatan;
              d. Menyelenggarakan pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat, data dan informasi kesehatan serta promosi kesehatan;
              e. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pengembangan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, data dan informasi kesehatan serta promosi kesehatan;
              f. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

              BIDANG INFORMASI PROMOSI KESEHATAN (INPROMKES), terdiri dari:
              a. Seksi Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM)
                    Seksi Pengembangan UKBM mempunyai tugas yaitu melaksanakan dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat (enpowerment) melalui pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM).
              b. Seksi Promosi Kesehatan (Promkes)
                    Seksi Promkes mempunyai tugas pokok dan fungsi yaitu  melaksanakan dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan yang berhubungan dengan penyuluhan kesehatan baik langsung maupun tidak langsung dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kesehatan.
              c. Seksi Data dan Informasi Kesehatan (Infokes)
                    Seksi data dan Infokes mempunyai tugas pokok dan fungsi yaitu menyelenggarakan program administrasi pengolahan data dan informasi kesehatan serta kediklatan dalam arti menghimpun, menginventarisasi data dari satuan organisasi dalam lingkup Dinas Kesehatan, mendokumentasikan kegiatan, penyajian data dan informasi kesehatan serta evaluasi dan menyelenggarakan pelatihan tenaga dan kader kesehatan.