Profil Kesehatan

Kabupaten Agam

Unit Layanan

Indikator

Minggu, 11 Desember 2016 / 11 Rabiul Awwal 1438 H
Profil > Unit Kerja dan Pejabat
Unit Kerja dan Pejabat
A. UNIT KERJA DINAS KESEHATAN
        1. SEKRETARIAT
             

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, yaitu : Dra. Hurul Aini, Apt, M.Kes

Sekretariat  mempunyai tugas melakukan pengelolaan aset, urusan rumah tangga, perlengkapan, surat menyurat, kepegawaian, kearsipan, keuangan, penyusunan perencanaan dan pelaporan.

Dalam melaksanakan tugas, sekretariat mempunyai fungsi, yaitu:

               a. Pengelolaan urusan rumah tangga, perlengkapan, surat menyurat, kearsipan dan kepegawaian;   
                b. membantu Kepala Dinas mengkoordinasikan kebijakan Dinas Kesehatan bersama bidang-bidang lain;
                c. Pengelolaan sumber daya ketenagaan dan sarana prasarana kantor;
                d. Pengelolaan administrasi keuangan dan aset;
                e. Penyusunan program, anggaran dan pelaporan dinas;
                f.

Pelaksanaan tugas-tugas  lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

             

 

SEKRETARIAT, terdiri dari :

              a. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
                   

Subbag Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan program administrasi umum dan kepegawaian dalam arti melaksanakan surat menyurat, kersipan ekspedisi, penggandaan, administrasi perjalanan dinas, kerumahtanggaan, peralatan dan perlengkapan kantor, melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, hukum, organisasi dan tatalaksana, kehumasan dan penilaian angka kredit jabatan tenaga kesehatan

              b. Sub Bagian Keuangan
                   

Subbag Keuangan mempunyai tugas dan fungsi menyelenggarakan pelayanan keuangan, menyelenggarakan pembukuan, laporan keuangan dan memilihara dokumen keuangan serta membuat laporan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


              c. Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan
                   

Subbag Perencanaan dan Pelaporan mempunyai tugas dan fungsi menyelenggarakan program administrasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan dalam arti menghimpun, menginventarisasi data dari satuan organisasi dalam lingkup Dinas Kesehatan, mendokumentasikan kegiatan, penyajian data, informasi serta evaluasi dan pelaporan.

Uraian tugas Subbag Perencanaan dan Pelaporan, yaitu: 1). Melaksanakan penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) dan program kesehatan; 2). Menyusun rencana kerja dan program kerja tahunan urusan perencanaan dan pelaporan; 3). penyusunan alokasi rencana penggunaan anggaran dan UPT Dinas Kesehatan; 4). Penyusunan laporan pertanggung jawaban program dan anggaran serta penyajian atas kegiatan: 5). Pengumpulan dan analisa peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pelaporan; 6). Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan.


        2. BIDANG PELAYANAN KESEHATAN ( YANKES )
             

Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) , dipimpin oleh seorang KABID : Januar, SKM, MM

Bidang Yankes mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pengawasan dan evaluasi kerja seksi kesehatan dasar, rujukan dan khusus; seksi kesehatan ibu dan anak; dan seksi gizi.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Pelayanan Kesehatan mampunyai fungsi-fungsi yaitu:


           

a. Mengumpulkan data/informasi untuk pembinaan,pengawasan terhadap pelaksanaan manajemen Puskesmas dan sarana pelayanan kesehatan lainnya, kesehatan dasar, rujukan dan khusus,kesehatan ibu  dan anak, kesehatan reproduksi dan lanjut usia serta gizi;

b. Menyiapkan rencana strategis kegiatan pelayanan kesehatan sesuai kesepakatan global,nasional dan kebijakan daerah;

c. Melaksanakan penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar pelayanan minimal;

d. Melakukan pengawasan,pembinaan,monitoring dan evaluasi kegiatan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan indikator pelayanan;

e.  Mengkoordinir seksi yang berada di Bidang Pelayanan Kesehatan;

f.   Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

             

BIDANG YANKES, terdiri dari:

              a. Seksi Kesehatan Dasar, Rujukan dan Khusus

Seksi Kesehatan Dasar Rujukan dan Khusus mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan khusus dalam arti melakukan peningkatan dan pengembangan  pelayanan kesehatan dasar,rujukan dan khusus.

              b. Seksi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Seksi Kesehatan Ibu dan Anak mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar bagi ibu dan anak serta rujukan sekunder dalam arti melakukan peningkatan kesehatan yang meliputi kesehatan ibu,anak dan usia pra sekolah,serta kesehatan reproduksi.

              c. Seksi Gizi

Seksi Gizi mempunyai tugas menyelenggarakan program gizi dalam arti  menyelenggarakan surveilans gizi,penanggulangan masalah gizi dan perbaikan gizi keluarga dan masyarakat;

        3. BIDANG PENGENDALIAN MASALAH KESEHATAN (PMK)
             

Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), dipimpin oleh seorang KABID : dr. Hendri Rusdian,M.kes

Bidang P2PL mempunyai tugas yaitu: melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyakit, surveilans epidemiologi, imunisasi dan matra serta kesehatan lingkungan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang PMK mempunyai fungsi yaitu:

              a. Menyiapkan rencana strategis kegiatran pengendalian penyakit serta penyehatan lingkungan berdasarkan kesepakatan global, nasional dan kebijakan daerah;
              b. Melaksanakan penyelenggaraan kegiatan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan yang sesuai dengan standar pelayanan minimal;
              c. Melaksanakan pengawasan, pembinaan, monitoring dan evaluasi kegiatan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan yang sesuai dengan indikator pelayanan;
              d. Menggkoordinir seksi yang berada dibidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan;
              e. Meneyelenggarakan operasional penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana, wabah berskala kabupaten;
              f. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
              BIDANG PMK,  terdiri dari:
              a. Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2M)

Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit mempunyai tugas menyelenggarakan program pengendalian dan pemberantasan penyakit dalam melakukan pengendalian dan pemberantasan penyakit menular dan tidak menular;

              b. Seksi Surveilance, Imunisasi dan Bencana 

Seksi Surveilens, Imunisasi dan Bencana mempunyai tugas menyelenggarakan program Surveilens Epidemiologi, Imunisasi dan Bencana dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan tidak menular.

              c. Seksi Kesehatan Lingkungan (Kesling)

Seksi kesehatan lingkungan mempunyai tugas menyelenggarakan program penyehatan lingkungan dalam melakukan pengawasan, bimbingan teknis, peningkatan kesehatan lingkungan, sarana air minum dan jamban keluarga, kesehatan tempat – tempat umum, dampak lingkungan pemukiman dan pestisida dan  pencegahan pencemaran lingkungan serta DAMIU;

 

        4. BIDANG  JAMINAN DAN SARANA KESEHATAN (JAMSARKES)
             

BIDANG JAMINAN DAN SARANA KESEHATAN (JAMSARKES), dipimpin oleh seorang KABID : Dra. Riyanti, Apt

BIDANG JAMSARKES , mempunyai tugasnya yaitu melaksanakan dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, kegiatan pengembangan jaminan pemeliharaan kesehatan, sarana, peralatan dan perbekalan kesehatan serta kefarmasian dan pengawasan obat dan makanan.

Dalam menjalankan tugasnya, maka BIDANG JAMSARKES mempunyai fungsi yaitu:

              a. Menyiapkan bahan dan dokumen perundang-undangan yang berlaku berkaitan dengan persiapan pelaksanaan total coverage dalam program jaminan sosial untuk pelayanan kesehatan;  
              b. Melakukan upaya sosialisasi dan advokasi kepada pengambil kebijakan didaerah dalam rangka melaksanakan jaminan kesehatan;
              c. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan analisis data serta diseminasi informasi tentang jaminan pelayanan kesehatan kepada seluruh stakeholder;
              d. Menyusun perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan dan rehabilitasi sarana pelayanan kesehatan;
              e. Mengkoordinasikan pelayanan perizinan kepada stakeholder pelayanan kesehatan baik milik swasta maupun pemerintah;
              f.

Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pelayanan kefarmasian serta pengawasan obat dan makanan (POM).

             

BIDANG JAMSARKES, terdiri dari:

              a. Seksi Jaminan Kesehatan

Seksi Jaminan Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan perencanaan,pelaksanaan,pengawasan,monitoring dan evaluasi kegiatan yang berhubungan dengan asuransi kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat;

              b. Seksi Sarana dan Peralatan Kesehatan

Seksi Sarana dan Peralatan Kesehatan mempunyai tugas menyelenggarakan pendataan, merencanakan dan melaksanakan serta pengawasan pembangunan dan pemeliharaan sarana pelayanan kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta.

            c. SEKSI KEFARMASIAN DAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

Seksi Kefarmasian dan Pengawasan Obat dan Makanan mempunyai tugas menyelenggarakan program pengadaan obat dan perbekalan kesehatan dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan dasar, serta melaksanakan pengawasan dan pengendalian standar mutu obat dan makanan.


5. BIDANG INPROKES

BIDANG INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN (INPROKES), dipimpin oleh seorang KABID : Indra Ramli,SKM,M.Kes

BIDANG Inprokes , mempunyai tugasnya yaitu melaksanakan dan mengkoordinasi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan,monitoring dan evaluasi kegiatan UKBM, data dan informasi serta promosi/penyuluhan kesehatan;

Dalam melaksanakan tugas,Bidang Informasi dan Promosi kesehatan mempunyai fungsi;

a) Merumuskan kebijakan teknis dibidang pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat, data dan informasi serta promosi kesehatan.

b)  Melaksanakan pembinaan dan koordinasi dalam pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat, data dan informasi serta promosi kesehatan.

c)  Penyelenggaraan pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat, data dan informasi serta promosi kesehatan.

d) Pengendalian dan evaluasi  pelaksanaan pengembangan upaya kesehatan bersumber masyarakat, data dan informasi serta promosi kesehatan.

e)  Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan kegiatan pendidikan dan latihan.

f)   Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

Bidang Informasi dan Promosi Kesehatan terdiri dari :

             1)     Seksi Promosi Kesehatan;

             2)     Seksi Data dan Informasi;

             3)      Seksi Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat.

(1) Seksi Promosi Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan perencanaan,pelaksanaan,pengawasan,monitoring dan evaluasi kegiatan yang berhubungan dengan promosi kesehatan baik langsung maupun tidak langsung dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kesehatan;

(2)   Seksi Data dan Informasi mempunyai tugas menyelenggarakan program administrasi pengolahan data dan informasi dan kediklatan dalam arti menghimpun,mengiventarisasi data dari satuan organisasi dalam lingkup Dinas Kesehatan,mendokumentasikan kegiatan,penyajian data,informasi serta evaluasi dan menyelenggarakan serta mengkoordinasikan pelatihan tenaga  kesehatan.

(3)   Seksi upaya kesehatan bersumber daya masyarakat mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat (empowerment) melalui pengembangan Upaya kesehatan bersumber Daya Masyarakat ( UKBM  );