› BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT
› BIDANG PELAYANAN KESEHATAN
› BIDANG PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT
› BIDANG SUMBER DAYA KESEHATAN
› DinkesAgam Official
› SEKRETARIAT
Selasa, 26/11/2013 - 08:37 WIB
Salah satu aspek penting dalam rangka mewujudkan birokrasi yang efektif, efisien dan ekonomis adalah dengan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) pada seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan yang pada gilirannya nanti, kualitas pelayanan kepada publik akan menjadi lebih baik. Akan tetapi belum semua instansi penyelenggara pemerintahan menerapkan SOP tersebut. Kalaupun ada, belum sesuai dengan petunjuk teknis yang baku. Untuk itulah Dinkes Agam laksanakan Pelatihan Penyusunan SOP bagi pejabat eselon III dan IV di Lingkungan Dinkes dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Agam pada hari Jumat sd Sabtu (22-23/11) bertempat di Hotel Bunda Bukittinggi. Jumlah peserta yaitu 42 orang dengan narasumbernya yaitu Ivone Pongoh MSi dari Pusdiklat Lembaga Adiministrasi Negara.
Dinas Kesehatan dan jajarannya, selain memberikan pelayanan administratif, juga memberikan pelayanan yang bersifat teknis. Oleh sebab itu SOP menjadi sangat penting dalam memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat. Diharapkan melalui pelatihan ini, semua tenaga kesehatan baik di DInkes maupun di Puskesmas dapat menyusun SOP dan menerapkannya dalam pelaksanaan tugas. Demikian Kepala Dinas Kesehatan Dr. Indra MPPM memaparkan saat membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut.
Kabid Inprokes Indra Ramli, SKM.MKes selaku penyelenggara menguraikan bahwa pelatihan ini idealnya dilaksanakan 4 hari, akan tetapi mengingat kesibukan, pelatihan ini dijadikan efektif 2 hari. Alhamdulillah, hasil evaluasi dari nara sumber dan pengamat pelatihan dari BKD Agam, pelatihan ini terselenggara dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP rampung hasil praktek kelompok yang sudah dibenarkan oleh narasumber.
Ivone Pongoh MSi, selaku narasumber tunggal dalam pelatihan tersebut memberikan apresiasi kepada peserta pelatihan yang begitu serius dan antusias selama pelatihan. Bahkan beliau merekomendasikan Kasi Gizi M.Iswon DCN.MPH sebagai rujukan bagi teman-teman di Dinkes dan Puskesmas dalam pengembangan SOP.
"GOOD LUCK" mudah-mudahan Dinkes Agam dan Jajarannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat