Profil Kesehatan

Kabupaten Agam

Unit Layanan

Indikator

Sabtu, 22 Juli 2017 / 27 Syawwal 1438 H
Berita > Detil

Kamis, 04/08/2016 - 16:16 WIB

JORONG TANJUNG BARULAK NAGARI KOTO TANGAH BERSIAP MENGHADAPI LOMBA TOGA TINGKAT PROVINSI 2016

Taman Obat Keluarga (TOGA) “Raflesia II” yang dikelola oleh Kelompok Dasa Wisma Raflesia II, Jorong Tanjuang Barulak Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang, terpilih sebagai wakil Kabupaten Agam dalam penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2016 ini. Hal ini disampaikan oleh KepalaBidang Informasi dan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam di ruang kerjanya hari rabu 03 Agustus yang lalu.

Terpilihnya kelompok ini setelah melalui proses penilaian di tingkat Kabupaten Agam sejak pertengahan bulan Ramadhan yang lalu. Menurut Kabid. Inprokes penilaian Toga ini baru pertama kali dilaksanakan dan yang berperanserta tahun ini baru  7    puskesmas yaitu Puskesmas Pakan Kamis, Magek, Ampek Koto, Matur, Baso, Biaro dan Maninjau. Dan penilaiannya  dilaksanakan mulai daritingkat Nagari sampai ke tingkat Nasional.

Pelaksanaan lomba Toga merupakan program baru yang ditetapkan oleh kementerian kesehatan dan akan dilaksanakan setiap tahun dan merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kemandirian/pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan. Dimana penilaian Toga dilihat dari format penilaian yang dikirimkan kementerian kesehatan berkaitan dengan : intensifikasi pembudi dayaan (keragaman jenis dan banyak tanaman setiap jenis), serta nilai ekonomi yang dperoleh dari pengembangannya, tingkat pemanfaatannya oleh masyarakat, pengelolaan jadi bahan obat yang siap dikonsumsi, pengemasan, dan aspek pengorganisasian kelembagaan swadaya masyarakat. Sesuai informasi awal, penilaian tingkat provinsi lomba ini akan dilaksanakan sekitar minggu ke 2 Agustus ini, dan diharapkan dengan adanya lomba tiap tahun program pembinaan Toga ini akan semakin efektif dalam peningkatan keberagaman Toga di daerah ini.

Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: